RSS

File Sharing dan Jaringan Ad Hoc

10 Dec

situs yang menyediakan file sharing

Ketika kita ingin mendengarkan lagu terbaru dari Lady Gaga atau saat kita ingin mencari informasi tentang teknologi memori terkini, pun ketika kita ingin mencari foto terkeren dari Justin Bieber, apa yangakan kita lakukan? Jawaban umumnya tentu dengan mencari di internet. MP3 Lady Gaga bisa dengan mudah kita download melalui situs yang menyediakan file MP3 baik secara free atau pun berbayar, artikel teknologi memori bisa kita dapatkan dengan sangat mudah, melalui searching di web browser, begitu pun foto Justin Bieber bisa langsung menghiasi desktop pada laptop kita hanya dengan sekali klik. Kegiatan pengunduhan file di atas disebut dengan “file sharing” atau lebih familiar di telinga kita dengan istilah “download”.

file sharing foto justin bieber

File sharing memiliki berbagai jenis perantara, dari sambungan kabel LAN sampai Jaringan Internet (FTP / Gnutella), dan sistem jaringan Teman-ke-Teman. Disini kita hanya akan membahas system jaringan Teman-ke-Teman.

Sistem jaringan Teman-ke-Teman atau Peer-to-Peer atau kalau mau istilah yang lebih kerennya yaitu Jaringan Ad Hoc. Layanan file sharing ini menjadi sangat populer karena penggunaannya yang mudah, murah, dan praktis. Komunikasi Ad-Hoc adalah komunikasi secara langsung antara masing-masing komputer dengan menggunakan piranti wireless. Dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan Windows Network Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.

Di bawah ini akan saya sertakan cara membuat jaringan ad hoc hingga cara mengkoneksikannya ke server. Server dalam hal ini adalah user yang mengendalikan suatu jaringan ad hoc tertentu.

Karena OS yang saya gunakan adalah Windows 7, maka pengaturan berikut hanya berlaku untuk OS Windows 7. Namun bagi user dengan OS yang lain jangan berkecil hati, pengaturannya tidak terlalu susah kok. Tenang sajaJ.

Terlebih dahulu kita membuat suatu room yang dapat diibaratkan sebagai suatu kamar tempat user  berbagi data atau informasi.

  1. Pilih menu Control Panel Network and Internet Network and sharing center
  2. Pada area menu network and sharing center terdapat menu Set up a New Connection or network, lalu klik
  3. Geser papan gulir ke bawah, pilih Set up a wireless ad hoc (computer-to-computer) network
  4. Klik Next dua kali. Ketikkan nama pada kolom isian network name untuk menamai room yang akan kita buat
  5. Di bawah network name ada security type yang berfungsi menentukan apakah room tersebut memerlukan password untuk join di dalamnya. Jika opsi “no authentication (open)” maka user akan masuk ke dalam room tanpa menggunakan password. Jika kita menghendaki adanya password maka pilihlah WPA2-Personal, dan ketikkan password pada kolom isian security key.
  6. Klik Next untuk loading.

Room telah di buat, sekarang kita tinggal masuk dan join ke dalamnya. Di bawah ini langkah-langkahnya:

1.       Buka Control Panel

2.       Pilih menu Network and Internet

3.       Klik Network and Sharing Center

4.       Klik change adapter setting

5.       Klik kanan pada Wireless Network Connection, pilih properties

6.       Klik satukali pada Internet Protocol  Version  4 (TCP/IPv4), klik tab Properties

7.       Ubah  tanda menjadi Use the following IP address

8.       Isikan pada kolom IP address, subnet mask, dan default gateway

  • IP address. Enam digit pertama merupakan IP address yang umum digunakan, yaitu 192.168.  Tiga digit IP address selanjutnya adalah IP address yang menandakan alamat server, jika dalam suatu kota IP address yang ini bisa diibaratkan sebagai nama kelurahan suatu tempat. ketikkan saja misalnya 111. dan tiga digit terakhir diibaratkan nomor rumah dalam suatu kelurahan. Dan harus berbeda satu sama lain.
  • Subnet mask akan secara otomatis terisi ketika kita mengetik tombol tab pada keyboard.
  • Default gateway adalah alamat server yang mengendalikan jaringan ad hoc. sembilan digit pertama harus sama dengan sembilan digit pertama IP address. tiga digit selanjutnya adalah ID server. terserah mau angka berapa yang penting berbeda dengan yang lain.

9.       Klik OK

10.   Klik close

Room sudah siap dan kita juga udah punya kunci untuk membukanya. Yang harus kita lanjutkan selanjutnya adalah menuju Control PanelàNetwork and InternetàNetwork and sharing center. Pada tahap ini pilih Connect to a network. Klik pada jaringan dengan nama yang telah kita buat tadi. Beresss, kamu bisa berbagi file dengan teman kamu tanpa repot-repot menggunakan flashdisk.

Have a nice try

Advertisements
 
Leave a comment

Posted by on December 10, 2010 in Sistem Komputer

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: